Penyakit pada sistem reproduksi manusia

Penyakit pada sistem reproduksi manusia

a. Gonorrhoea (GO)
     Penyakit Gonorrhoea disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhea. Gejala penyakit ini adalah rasa sakit dan keluar nanah pada saat kencing pada laki-laki, serta keputih berwarna kuning hijau pada wanita. Penyakit ini menyebabkan kebutaan pada bayi yang baru lahir.
b. Sifilis (raja singa)
     penyakit Sifilis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Gejala awal penyakit ini adalah luka pada tempat masuknya bakteri ke dalam tubuh, biasanya di daerah sekitar kelamin. Penyakit ini menyebar dan menyerang organ-organ tubuh lainnya, kemudian menimbulkan kerusakan pada organ tersebut.
c. Herpes Simplex Genitalis
     Penyakit Herpes Simplex Genitalis disebabkan oleh virus Herpes Simplex tipe II, yang menyerang kulit di daerah genitalia luar, anus dan vagina. Gejala penyakit ini berupa gatal-gatal, pedih, dan kemerahan pada kulit di daerah kelamin. Pada daerah tersebut kemudian muncul beberapa lepuh kecil-kecil, selanjutnya lepuh pecah dan menimbulkan luka. Penyakit herpes sulit sekali sembuh dan sering sekali kambuh setelah beberapa bulan atau tahun.
d. HIV/AIDS
     Penyakit AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immune Deficiency Virus) yang menyerang system imunitas atau kekebalan tubuh penderita. Saat ini penyakit yang disebabkan oleh virus HIV lebih dikenal dengan istilah AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome). Saat ini belum ditemukan vaksin pencegahanya dan belum ada obat yang betul-betul dapat diandalkan.
e. Keputihan
     penyakit Keputihan yaitu penyakit kelamin yang terjadi pada perempuan dengan ciri-ciri terdapat cairan berwarna putih kekuningan atau putih keabu-abuan pada vagina. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans, bakteri, virus dan parasite.
d. Epididimitis

     Penyakit Epididimitis terjadi pada laki-laki. Epididimitis adalah peradangan pada saluran epididimis yang disebabkan oleh infeksi atau terkena penyakit menular. Penyakit ini ditandai dengan rasa nyeri disertai pembengkakan pada salah satu testis. Salah satu penyebab terjadinya penyakit ini adalah pergaulan bebas.
Previous
Next Post »