Alat Kelamin Dalam Laki-laki

Alat Kelamin Dalam Laki-laki

1. Testis
     Testis merupakan organ reproduksi yang berbentuk bulat telur, berjumlah dua pasang (1 pasang) dan terdapat dalam skrotum. Pada usia 13-14 testis mulai memproduksi sperma dan hormon testoteron.

2. Saluran Sperma
     Saluran sperma tersusun atas epididimis, vas deferens, dan uretra. Sperma yang dihasilkan di dalam testis akan keluar melalui epididimis. Epididimis merupakan saluran keluar dari testis. Pada saluran ini sperma disimpan sementara waktu sampai berkembang dengan sempurna, dan dapat bergerak menuju saluran vas deferens. Vas deferens merupakan saluran yang menghubungkan epididimis dan uretra serta berfungsi sebagai saluran sperma menuju uretra. Uretra merupakan saluran akhir dari saluran reproduksi laki-lakiyang terdapat di dalam penis. Uretra selain berfungsi sebagai saluran keluarnya sperma juga berfungsi sebagai saluran keluarnya urin. Proses keluarnya sperma ini dikenal dengan istilah ejakulasi.
3.Kelenjar Reproduksi
     Kelenjar reproduksi berfungsi untuk memproduksi getah atau cairan yang nantinya bercampur dengan sel sperma menjadi air mani atau semen.
Kelenjar reproduksi terdiri dari:
a. Vesikula Seminalis
     Vesikula Seminalis merupakan struktur yang berbentuk seperti kantung kusut kecil yang terletak di belakang (posterior) dari kantung kemih. Kelenjar ini menghasilkan zat bersifat basa (alkali), fruktosa (gula monosakrida), hormone prostaglandin, dan protein pembekuan.
b. Kelenjar Prostat
     Kelenjar Prostat berfungsi menghasilkan cairan keputih-putihan sedikit asam (pH 6,5) dan mengandung beberapa zat yaitu asam sitrat, beberapa enzim yaitu pepsinogen, lisozim, dan amilase, seminal plasmin.
c. Kelenjar Cowper

     Kelenjar Cowper menghasilkan lendir dan cairan yang bersifat basa dan berfungsi melindungi sperma dengan cara menetralkan urin yang memiliki pH asam yang tersisa dalam uretra serta melapisi uretra, sehingga mengurangi sperma yang rusak selama ejakulasi. Sperma yang dihasilkan testis akan bercampur dengan getah-getah yang dihasilkan oleh kelenjar reproduksi, sehingga terbentuk suatu suspensi (campuran antara zat cair dan zat padat) yang disebut semen (air mani). Semen inilah yang dikeluarkan melalui uretra. Pada umumnya volume semen yang dikeluarkan sebesar 2,5-5 ml. Tiap 1 ml terkandung 50-150 juta sel sperma. Dari jutaan sel sperma hanya satu sel sperma yang membuahi sel telur.
Previous
Next Post »