Fungsi Organ-organ Penyusun Sistem Reproduksi pada Laki-laki

Fungsi Organ-organ Penyusun Sistem Reproduksi pada Laki-laki


1. Penis: Bagian luar organ reproduksi laki-laki yang berfungsi sebagai saluran kencing (urin) dan saluran sperma.
2. Skrotum: Bagian seperti kantung yang di dalamnya terdapat testis. Berfungsi menjaga suhu testis agar sesuai untuk reproduksi sperma.
3. Testis: Bagian yang bentuknya bulat telur yang tersimpan dalam skrotum. Berfungsi untuk memproduksi sperma dan hormone testoteron.
4. Epididimis: Saluran yang keluar dari testis yang berbentuk seperti tanda koma dengan ukuran 4 cm. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sperma sementara.
5. Vas Deferens: Saluran panjang yang mengarah ke atas dan merupakan lanjutan epididimis. Berfungsi menghubungkan epididimis dan uretra.
6. Uretra: Saluran yang terdapat di penis, merupakan akhir dari saluran reproduksi. Berfungsi saluran keluarnya sperma dan urin.
7. Kelenjar Vesikula Seminalis: Bagian yang berbentuk kantung kecil berukuran 5 cm yang letaknya dibelakan kantung kemih. Berfungsi menghasilkan zat-zat yang diperlukan untuk perkembangan sperma.
8. Kelenjar Prostat: Bagian yang berbentuk seperti kue donat yang terletak di bawah kantung kemih. Berfungsi menghasilkan cairan bersifat asam.

9. Kelenjar Cowper: Bagian yang berbentuk seperti kacang yang terletak di bawah kelenjar prostat. Berfungsi menghasilkan lendir dan cairan bersifat basa.
Previous
Next Post »